Curhat Pascasarjana (TOEFL IBT) #LPDP #Story #4

Abu Darda Radliyallahu ‘anhu berkata, “Siapa yang beranggapan bahwa pergi menuntut ilmu bukan jihad maka telah berkurang akalnya.”

Mu’adz bin Jabal berkata, “Pelajarilah ilmu, karena mempelajarinya karena Allah adalah hasanah, menuntutnya adalah ibadah, mempelajarinya adalah tasbih, dan membahasnya adalah jihad.”

Persiapan selanjutnya adalah test TOEFL IBT, berbeda dengan TOEFL ITP (Institutional Test Program) atau PBT (Paper Based Test), TOEFL IBT (Internet Based Test) menjadi persyaratan masuk Universitas yang harus dilampirkan. Mungkin ada beberapa yang menerima dalam bentuk ITP atau PBT, teteapi lebih banyak yg menerima IBT (saat akan apply ke universitas, mohon ditanyakan mengenai persyaratan TEOFL ini). *FYI: TOEFL hanya diperuntukan untuk negara seperti Asia dan Amerika, kalau Eropa dan Australia yg diperlukan adalah IELTS (jangan tanya saya, soalnya belum pernah XD)

Untuk mengikuti TOEFL IBT hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di www.ets.org nanti akan ada kolom Sign Up untuk register.

ets ets2

As always, saya curcol sama Tiko (yang selalu selangkah lebih maju.. eaa :D). Apa saja yang dibutuhkan, dipersiapkan, dll. Jujur, kami belum pernah ikut les persiapan untuk TOEFL dan semacamnya, dan langkah ini pun kami nilai sebagai langkah yang Nekat! :p Bismllahi tawkkaltu, laa hawla wa laa quwwata ila biLlah…

Seelum Tes TOEFL IBT, saya dua kali mengikuti Tes TOEFL ITP, yg pertama yang saya ceritakan sebelumnya, yakni di LIA Pramuka, dengan hasil yang gak banget, saya gak ambil deh hasil tesnya. hehe. Dan yang kedua bertempat di LIA Veteran (test TOEFL ini saya ambil bersama dengan Tiko). Untuk tes TOEFL IBT itu jadwal tes saya berselang seminggu dengan jadwalnya Tiko.

Oke-nya, pendaftaran IBT ini adalah untuk daftar minimal sebulan sebelumnya, hal ini mencegah saya yg deadliner ini untuk tergesa, dan gak belajar untuk persiapan test :p. Yah namanya juga riska, dengan alasan masih mikir, ngumpulin uang, dan sok sibuk dengan kerjaan (ya karena utama adalah kerjaan bukan? hihi), saya kena denda juga, karena telat sehari pendaftaran. #tepokjidat. Sehingga sistem belajar kebut 2 minggu pun saya lakukan.

Buku yang saya baca untuk persiapan test adalah buku dari KAPLAN, dengan dilengkapi CD-ROM untuk latihan. Ada empat bagian test yakni, Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Yang nge-buat keki dan gak pede adalah bagian Speaking hehe. Jadi saya maksimalin untuk latihan speak-speak :p

kaplan

Tantangannya, dibandingkan TOEFL IBT yang hanya Reading dan Listening, IBT memang lebih kompleks dan lengkap. Semua kemampuan ditest disana. Seperti dua tahun lalu saya saya berkesempatan course english selama 2 bulan di US, 4 hal itulah yang dititikberatkan untuk dilatih. Then, selama di Indonesia, menguap sudah ilmunya, karena gak pernah dipake, wkwk. Wallahu’alam 😉

Jeng jeng, kenapa saya terburu mengambil test pada bulan Mei ini? Karena oh karena deadline berkas Admission adalah 7 Juni 2013, dan waktu terakhir untuk ikut test IBT adalah saat itu juga. Hoho. Ya begitulah pemirsah. itu pun saya masih harus izin untuk bilang bahwa hasil test yang akan langsung dikirim ke kempus Tsukuba dari US (tempat penilaian test) akan telat sepekan dari yang sudah dijadwalkan. Alhmdulillah diperbolehkan. Yap, jadi ingat-ingat, untuk test TOEFL IBT harus sebulan sebelum (minimal dua pekan, klo telat denda skitar 47$ atau sekitar Rp.500.000 lumayan kan T_T), sedangkan testnya sendiri seharga 175$ atau sekitar Rp. 1.850.000. Dan hasilnya akan dikirim langsung ke Universitas Tujuan, dalam durasi sekitar 15 hari.

Hasil nilai bisa dilihat langsung di web ets.org, dan dengan hasil itu saya pastikan lagi ke kampus, sehingga mereka percaya bahwa saya telah ambil test IBT hehe. ALhmdulillah dengan nilai sekian-sekian, saya memberanikan diri untuk menyertakan nilai itu dalam aplikasi pendaftaran saya ke University of Tsukuba. Aplikasi lainnya berupa form pendaftaran, CV, dan Reserach Plan. Yosh! 😀

Iklan

6 thoughts on “Curhat Pascasarjana (TOEFL IBT) #LPDP #Story #4

  1. mbak, saya tes toefl pbt itp tapi nilai nya cuma kurang 5 poin dari nilai minimal yang disyaratkan. saya tes di tgl 26 maret. kalau saya tes toefl pbt itp lagi di tanggal 16 april, bisa nggak ya? kalau saya cek di persyaratan sih syaratnya harus tes di bulan yang berbeda. pengalaman mbak sendiri gimana tuh waktu ambil dua kali tes?

    curcol dikit.. waktu tes pertama itu malam sebelumnya saya begadang karena banyak tamu. walhasil pas tes kacau balau… T_T

    kalau mbak tau, pls share ya mbak 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s